Efek Packaging (Kemasan) Terhadap Penjualan Suatu Produk.
Dalam menjual sebuah produk, ada beberapa hal atau faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk. Salah satu yang biasanya menjadi perhatian para pembeli adalah packaging atau kemasannya. Efek packaging atau kemasan terhadap penjualan terlihat cukup signifikan, mengingat para konsumen pada awalnya akan melihat kemasan tersebut. Jika kemasan terlihat menarik meskipun produk tersebut belum dikenal masyarakat, pastilah akan menarik minat konsumen untuk membelinya. Berdasarkan kemajuan zaman, kemasan telah bermetamorfosis menjadi hal yang dapat dibilang cukup menakjubkan. Berbagai tekhnologi serta inovasi dalam dunia packaging atau kemasan telah berkembang sangat pesat. Hal ini didasari pada persaingan bisnis yang membuat para produsen melakukan inovasi pada kemasannya sehingga lebih menarik minat para konsumen.
Desain sebuah kemasan merupakan salah satu pemicu penjualan produk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini juga berkaitan pada nilai tambah yang dihasilkan olehkemasan tersebut yakni mampu mempengaruhi emosional para konsumen dan dinilai sangat ampuh. Melihat itu semua, perusahaan – perusahaan pasti memiliki tim desain sendiri untuk urusan kemasan ini. Berdasarkan dari itu semua maka desain kemasan merupakan hal yang sangat penting bagi penjualan sebuah produk. Khususnya unsur – unsur dalam desain kemasan tersebut seperti pemilihan warna, keunikan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemenuhan unsur – unsur kemasan yang baik dan sesuai dengan produk merupakan hal yang harus diperhatikan agar dapat menambah tingkat penjualan.
Fungsi Packaging atau Kemasan
Untuk lebih mengerti mengenai efek packaging atau kemasan terhadap penjualan anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai fungsi dari packaging atau kemasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari packaging atau kemasan
1. Sebagai tempat produk
Fungsi kemasan yang pertama adalah sebagai tempat untuk produk yang ingin dijual. Untuk menentukan besar kemasan tersebut, mengetahui berat serta jenis produk yang akan ditempatkan dalam kemasan merupakan hal yang paling utama. Oleh karena itu, dalam menentukan jenis kemasan yang tepat untuk suatu produk membutuhkan kejelian agar kemasan berfungsi secara maksimal. Beberapa contoh kemasan yang dapat digunakan antara lain berwujud kaleng, kotak, tube, botol atau apa saja yang pada dasarnya harus sesuai dengan produknya. Lalu perhatikan pula bahwa kemasan akan memudahkan dalam pendistribusian serta mampu melindungi produk di dalamnya agar tetap utuh.
2. Sebagai identifikasi
Maksud dari identifikasi adalah mengenal produk yang dijual. Pada dasarnya banyak produk lain yang sejenis dan dijual bersamaan dengan produk yang anda miliki. Di sinilah kegunaan kemasan, yakni membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis sehingga para konsumen akan tahu bahwa produk yang ingin dibelinya merupakan produk anda.
3. Sebagai alat komunikasi
Packaging atau kemasan meskipun bersifat secara tidak langsung, namun dapat dijadikan alat komunikasi dengan para konsumen anda. kemasan tersebut akan menunjukan merk, gambar maupun pesan yang akan menimbulkan rasa ingin tahu para konsumen, petunjuk penggunaan, komposisi produk serta keterangan maupun hal yang lainnya. Jadi pada intinya kemasan tersebut akan memberikan informasi kepada para konsumen yang hendak membeli produk anda
4. Memudahkan penggunaan
Kemasan juga berfungsi untuk memudahkan penggunaan atau pemakaian para konsumen yang telah membeli produk anda. kemudahan ini dapat berarti kemudahan saat membuka, mudah mengeluarkan isinya, serta mudah untuk dibawa atau disimpan
5. Mempromosikan produk
Kemasan yang menarik, aman serta memudahkan para konsumen untuk menggunakan produk tersebut dapat menambah nilai jualnya. Umumnya produk yang berupa barang konsumsi akan diletakan berdampingan dengan produk pesaingnya saat dijual di swalayan maupun toko. Oleh karena memperbaiki kemasan dapat mempengaruhi efek penjualan produk anda.
#kemasanmurah
#AApackaging
#malangpackaging
#kemasanaluminiumfoilmalang
#cetakkemasanmalang
#jualplastikkemasanmalang
#tokokemasanmalang
#aapackagingkemasanukmkotamalangjawatimur
#cetakkemasandimalang
#cetakkemasanmakanandimalang
#kemasankitamalang
#kemasanmalang
#kemasanmalangstrudel
#AApackaging
#malangpackaging
#kemasanaluminiumfoilmalang
#cetakkemasanmalang
#jualplastikkemasanmalang
#tokokemasanmalang
#aapackagingkemasanukmkotamalangjawatimur
#cetakkemasandimalang
#cetakkemasanmakanandimalang
#kemasankitamalang
#kemasanmalang
#kemasanmalangstrudel